Kamis, 28 Oktober 2010

KAFKA ABCD

KAFKA ABCD
Semacam susupan berbagai ungkapan, istilah yang terkait dengan karya dan sosok Kafka.
*

A
AFORISME
Untuk mengisi waktu luang tak perlu mencari-cari rintangan yang akan terjadi, mungkin memang tak ada rintangannya. (franz kafka)
*

F
FELICE BAUER
"Jalan hidupku hanya diperuntukkan menulis....waktunya pendek, tenaganya kecil, di kantor sebuah yang membosankan, di rumah ramai dan orang harus mencari kesejukan dengan sepotong seni, meskipun jalan hidup itu tak mulus, tapi dengan sebuah yang indah.
(Sumber:Surat Kafka kepada Felice Bauer, 1 November 1912)


H
HYPOCHONDRIE
Kafka mengaku dirinya harus bebas dari penyakit Hypochondrie. Hypochondrie adalah penyakit yang didominasi perasaan diri sendiri terhadap daya tubuh yang semakin tak berfungsi.
(Sumber: Kafka: surat untuk ayah)

K
KAFKAESQUE
"Kafkaesque" adalah kata yang masuk ke dalam pemakaian bahasa Inggris umum yang berasal dari sastra Jerman. Adjektiva itu punya sederet arti yakni: ngeri, misterius, birokrasi yang berbelit-belit, mimpi buruk dan menakutkan.

(J.S. Stern)

"Kafkaesque" is the only word in common English use which derives from German literature. Its meanings range from `weird`, `mysterious`, `tortuously bureaucratic`to `nightmarish`and `horrible`

(J.P. Stern)

*
Kafka, siang bisa mikirkan Tuhan, Yahudi, sastra, kawan, cewek, ayah, kerja, tubuhnya. Tapi malam memasuki proses menulis, semua ditanggalkan. Semua problemnya terpecahkan, jika ia menulis. Hidup uNtUk menulis, bukan menulis uNtUk hidup.

(Peter von Matt)

M
MICHAEL KUMPFMÜLLER
Di luar sana bersalju, di depan jendela gumpalan salju menari berjam-jam, sangat manja untuk dilihat, seolah orang terbawa kembali ke masa kanak-kanaknya
(Sumber: Michael Kumpfmüller: Jayanya Kehidupan `tentang kafka dan dora diamant, istrinya

Kota itu sejak seminggu ini semakin jauh, seperti bulan.
(penggambaran suasana Kafka saat hanya bisa berbaring di ranjang, tanpa bisa beranjak keluar rumah: michael Kumpfmüller)


*
REINER STACH

*Kafka bukan membawa pulang senjata dan bendera ke rumahnya, tapu pengalaman Perang Dunia I, ia rekonstruksi menjadi sebuah kisah berdasar renungan lama dan kenapa itu menjadi pembicaraan panjang.

(Sumber: Die Jahre der Erkenntnis - Reiner Stach)
*NOTE:
Reiner Stach adalah penulis Jerman tentang biografi Kafka terbaru tahun 2008 dan terbit dalam dua jilid.

SURAT BONEKA
Dora Dymant, istri Kafka bercerita kepada Max Brod, perihal pengalamannya berjalan-jalan dengan Kafka. Suatu saat Dora dan Kafka berjalan di sebuah taman kota Steglitz di Berlin. Di situ mereka memergoki ada bocah kecil menangis, karena bonekanya hilang. Kafka menghibur bocah itu dengan bilang, "Tapi bonekamu tidak hilang sama sekali, ia hanya berjalan-jalan. Aku tadi melihatnya dan sempat bicara dengannya. Ia bilang akan menulis surat kepadamu. Besok pagi pada jam seperti ini, aku akan serahkan surat dia untukmu."

Ternyata bocah itu berhenti menangis. Dan Kafka benar-benar menepati janjinya, esok harinya ia menulis surat fantasi, seolah-olah sebagai boneka yang sedang bepergian dan diberikan bocah itu. Akhirnya terjadilah koresponden atas nama boneka dan bocah tadi. Peristiwa nyata itu berlangsung hingga berminggu-minggu. Ketika Kafka berpindah rumah dan sibuk, ia masih mengingat kisah boneka dan bocah itu.

(Sumber: Über Franz Kafka (Tentang Franz Kafka)- Max Brod.

NOTE:
Cara Kafka berbohong, agar bocah lerai tangisnya, mirip dengan kultur kita. Banyak orang tua kita dulu di Jawa khususnya, jika melihat anak mereka jatuh tersandung dan menangis, ibu-ibu bilang: Kodoke Mlayu (Kataknya Lari). Saat itu tentu konsentrasi anak ke seekor katak.

SURAT UNTUK AYAH
Ketika aku masih bocah secara terus menerus patuh dengan ajaranmu dan belakangan terus-menerus menulis.
(Sumber: Kafka: surat untuk ayah)

Tidak ada komentar: