Selasa, 16 Desember 2008

[Tengok Franz Kafka di Praha] Ahoi, Praha

Ahoi adalah bahasa Ceko yang berarti "Apa Khabar". Praha adalah ibukota negeri Ceko. Penduduk di Praha sekitar: 1,22 juta jiwa. 95% adalah sebagai bangsa Ceko, sisanya adalah bangsa Slovakia, Jerman, Yahudi, Hongaria dan Polandia. Praha memiliki sekitar 1200 obyek sejarah yang menarik bagi wisatawan. Sekitar 50% gedung-gedung itu di bangun sejak abad 18 dan 19, beberapa bangunan bahkan lebih awal lagi hingga mendekati era romantik. Banyak gedung-gedung kuno yang mendapat perlindungan dari UNESCO sebagai bukti warisan budaya dunia. Sejak tahun 1989, pertumbuhan ekonomi Ceko makin meningkat drastis, meskipun pada pertengahan tahun 90-an mengalami krisis ekonomi yang sampai sekarang belum selesai. Ceko juga sedang merencanakan untuk masuk anggota EU (Eropa Union) paling lambat tahun 2005. Praha menjadi pusat kunjungan wisatawan yang setahunnya bisa datang sekitar 3 Juta wisatawan.


Jembatan Karl
Pada umumnya wisatawan mengunjungi Jembatan Karl (Karluv most), jembatan ini dibangun pada tahun 1357, kemudian di renovasi berkali-kali, pada tahun 1870 mulai terkenal dengan sebutan Jembatan Karl untuk menghormati raja Karl IV. Jembatan ini dulunya sebagai pusat perdagangan yang menghubungkan istana Raja dan kota lama. Lertelak di sungai Moldau yang lebarnya sekitar 330 meter. Jembatan ini panjangnya setengah kilometer dan lebarnya 10 meter.
Tentang jembatan Karl ini, sastrawan Jerman Bertolt Brecht menulis sajak sebagai berikut;

"Lagu dari Moldau" (Lied von der Moldau)

Pada dasar sungai Moldau berserakan batu-batu
Ada tiga Kaisar meninggal di Praha
Yang besar tidak tinggal besar dan yang kecil tidak kecil
Malam hari ada 12 jam, lalu sudah tiba siang hari
Waktu berganti. Acara-acara yang besar
Kekuasaan-kekuasaan tiba akhirnya berhenti
Dan pergi kemari juga seperti ayam berdarah
Waktu berganti, tak ada bantuan tanpa kekerasan
Pada dasar sungai Moldau berserakan batu-batu
Ada tiga Kaisar menginggal di Praha
Yang besar tidak tinggal besar dan yang kecil tidak kecil
Malam hari ada 12 jam, lalu sudah tiba siang hari

Letak Geografi
Republik Ceko terletak di timur Eropa tengah, yang berbatasan sebelah utara dengan Polandia, sebelah timur dengan Slowakia, sebelah barat dengan Jerman, dan sebelah selatan dengan Austria. Luasnya sekitar 78 864 km2. Daerahnya meliputi Bohemia (Cechy) dan Mähren (Morava)

Musim
Ceko mempunyai 4 musim seperti di negeri Eropa lainnya yaitu musim; semi, panas, rontok dan dingin.

Penduduk
Sekitar 10,3 Juta jiwa. Kepadatan penduduk 131 orang per kilometer quadrat. Usia rata-rata kematian bagi laki-laki 70 tahun, bagi perempuan diatas 77 tahun. 94% penduduknya a
dalah bangsa Ceko, 6% adalah kelompok minoritas; Slowakia, Polandia, Hongaria, Ukraina, Jerman dan Yahudi.

Agama
40% penduduk Ceko adalah Ateis. 60% adalah pemeluk Khatolik dan beberapa agama lain yang tak terlalu berpengaruh.

Tidak ada komentar: